--> Skip to main content

14 + Contoh Teks Eksposisi Singkat Terlengkap Sosial, Kesehatan, Narkoba, Politik DLL

Contoh Teks Eksposisi – sebelum membahas lebih jauh Teks Eksposisi mari simak terlebih dahulu pengertian Teks Eksposisi merupakan tulisan yang mencakup fakta dan informasi yang berbentuk perkembangan paragraph yang bertujuan menerangkan keadaan tertentu [wikipedia], sehingga pembaca bisa memahami dan mendapat pengetahuan dari yang sudah di uraikan oleh penulis.

Uraian teks ini harus memuat kaidah yang sudah ditentukan mencakup isi yang singkat, padat dan jelas sehingga lebih mudah memahami magsud uraian penulis.

Teks Eksposisi secara tidak langsung memang sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, namun diperlukan pemahaman yang jelas tentang uraian teks ini. Biasanya teks ini digunakan untuk menulis berita yang memuat informasi seperti Koran, majalah, media sosial , media online dan masih banyak lagi yang berkaitan. Anda bisa mencari perbandingan sendiri dari penjelasan diatas dengan berita yang sering disaksikan di Koran, Nah itulah yang dimagsud dengan teks Eksposisi.

Jangan Lewatkan : Contoh Memo Bahasa Inggris

Sebelum mencari contoh Eksposisi memang seharusnya anda memahami apa itu texs Eksposisi , jenisnya, cirri-ciri dan struktur sehingga anda paham betul dengan teks Eksposisi itu sendiri.

CIRI CIRI TEKS EKSPOSISI


Contoh Teks Eksposisi | ciri ciri teks eksposisi

Image [hidupsimpel] 
Teks eksposisi secara umum sangat berbeda dengan jenis teks yang lain. Untuk dapat membedakan jenis teks Eksposisi dengan teks yang lain secara mudah, Anda juga dapat melihat ciri-cirinya. Dan berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri secara umum teks eksposisi yang penting untuk diketahui:

  • Menggunakan bahasa baku, secara umum teks Eksposisi sangat menghindari jenis bahasa Non-formal atau bahasa tidak resmi, apalagi menggunakan bahasa alay, sehinga jenis teks ini lebih condong menggunakan bahasa yang baku sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Untuk isi pembahasan adalah fakta sebenarnya, bukan jenis opini dan karangan penulisnya, sehingga tidak dijumpai sediktpun hal hal bersifat fiktif dalam teks Eksposisi ini.
  • untuk gaya penulisannya mempunyai sifat yang persuasi informatif.
  • untuk data dan informasi yang di uraikan pada teks dipaparkan dengan jelas dan gambling.
  • Tulisan yang dimuat untuk jenis teks ini mempunyai sifat netral dan objektif, dalam hal ini tidak memihak dan tidak ada kecendrungan memihak siapapun, sehingga dalam hal ini penulis tidak boleh semena-mena memaparkan yang mereka kehendaki karena apa yang seharunya ditulis dalam teks Eksposisi ini bersifat fakta atau bukti nyata.
  • Tulisan yang ada dalam teks harus valid dan sesuai dengan fakta sebenar-benarnya.

Nah itulah cirri cirri teks Eksposisi yang bisa anda pahami sebelum lebih jauh membahas contohnya, dan dari point diatas akan menjadi sisi yang dapat membedakan antara teks Eksposisi dengan teks lainnya, dan jika secara kebetulan atau tidak disengaja anda menemukan cirri teks seperti ini maka itu adalah contoh dari teks Eksposisi. Jangan lewatkan [ Contoh Teks Negosiasi]

JENIS-JENIS TEKS EKSPOSISI


Jenis Teks Eksposisi

Image [ Pixabay] 
Secara umum teks Eksposisi mempunyai beberapa jenis yang berbeda antara satu dan lainnya, dan berikut ini adalah jenis-jenis teks eksposisi.

Teks Eksposisi Definisi

Untuk jenis teks eksposisi yang pertama adalah teks eksposisi definisi adalah jenis teks yang di dalamnya berisi atau memuat definisi tentang tema dan topic tertentu secara rinci, pastinya anda sudah sangat sering menjumpai jenis teks seperti ini, karena sangat secara umum banyak dijumpai dalam teks di dalamnya sebatas memberikan penjelasan suatu hal saja.

Teks Eksposisi Pengerjaan


Dan yang kedua adalah teks eksposisi pengerjaan yang isinya mencakup langkah demi langkah (cara melakukan pekerjaan) dan secara berurutan dengan sistematis, dan untuk tata cara dan langkah membuatnya adalah dimulai dari tahapan awal hingga tahap akhir secara berurutan.

Teks Eksposisi Gambaran 

Teks eksposisi gambaran adalah jenis teks yang memuat topic dan berita tertentu yang menggambarkan informasi secra singkat dan jelas satu lagi sangat mudah dimengerti, gambaran yang dimagsud dalam teks ini harus mampu mewakili apa yang dimagsud atau tujuan inti yang hendak disampaikan.

Teks Eksposisi Laporan

Teks Eksposisi laporan adalah jenis teks eksposisi laporan yang di dalamnya memuat topik tertentu dibandingkan dengan topik lainnya, akan tetapi untuk kedua topic yang dibandingakan masih memiliki hubungan / keterkaitan satu dengan lainnya.

Teks Eksposisi Pertentangan

Teks eksposisi pertentangan adalah sebuah teks yang memuat topik tertentu yang dibuat bertentangan dengan topik lainnya. Namun untuk, keduanya masih mempunyai hubungan atau keterkaitan.

Nah itu adalah beberapa jenis teks eksposisi yang harus bisa dipahami. Dengan mengetahui jenis teks eksposisi, tentunya Anda tentu kembali bisa memahami bahwa jenis teks ini tidaklah suatu teks tunggal, tetapi dapat dijabarkan sesuai dengan yang sudah dibahas diatas.

STRUKTUR TEKS EKSPOSISI


Struktur Teks Eksposisi

Image [ Gurupendidikan ] 
Nah setelah membahas ciri-ciri dan jenis teks eksposisi jika kamu ingin membuat teks eksposisi juga harus memperhatikan struktur pembuatan teks eksposisi itu sendiri, dan struktur tersebut adalah bagian yang sangat penting dalam teks eksposisi, dan berikut adalah struktur teks Eksposisi yang baik dan benar.

Tesis atau pernyataan pendapat

Secara umum tesis ini adalah bagian awal dalam teks eksposisi. Ketika menyaksikan tesis ini termuat dugaan dan prediksi dari penulis. Meskipun tesis ini adalah dugaan atau prediksi dari penulis, namun prediksi tersebut tidaklah dugaan tanpa landasan. Prediksi penulis ini nantinya bisa diperkuat berbagai data-data yang valid. Jadi tidak hanya menjadi argumentasi tanpa landasan penulis. Teks eksposisi tesis tentu berada di awal kalimat. tetapi, tidak menutup kemungkinan juga bila tesis pernyataan pendapat ini berada di akhir penulisan.

Argumentasi

Secara Umum Argumentasi ini memuat kalimat-kalimat pendukung atas tesis yang sudah dituliskan. Selain memuat kalimat pendukung, argumentasi berisi juga sanggahan dari tesis yang diberikan. Argumentasi baik tentunya akan memuat kedua aspek tersebut, bisa juga data yang mendukung dan juga sanggahan dari tesis yang akan dituliskan oleh penulis. [ contoh surat permohonan kerjasama ]

Penegasan ulang

Secara umum untuk Bagian Pengegasan Ulang berisi penguatan pandangan untuk fakta-fakta yang sudah dikemukakan untuk bagian tesis dan agumentasi. Penegasan ulang menjadi bagian simpulan untuk topik yang telah dibicarakan pada tesis yang diajukan dan pada argumentasi.

Nah itulah bagian bagian struktur teks eksposisi yang wajib Anda tahui sebelum mencoba membuat teks Eksposisi. Apabila hendak membuat teks eksposisi pastikan teks yang akan Anda buat sudah mempunyai struktur seperti di atas. memuat tesis, argumentasi, dan terakhir adalah penegasan ulang.

CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT


Contoh Teks Eksposisi Singkat

Image [wikibelajar] 
Selanjutya ke pokok pembahasan setelah mentehuai pengertian jenis dan struktur teks ekposisi selanjutnya ke point pembahasan yaitu contoh teks eksposisi, dan pembahasan ini akan dilengkapi dengan contoh contoh, dan pastinya anda akan masih bingung ketika mencari teks eksposisi, oleh karena itu kami akan memudahkan anda, dengan memberikan contoh teks eksposisi yang baik dan benar. 

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG SOSIAL


CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG SOSIAL

Image [sciencedaily] 
Lingkungan bersih merupakan lingkungan yang selalu diperhatikan dan dibersihkan setiap hari, lingkungan bersih akan selalu membuat siapa saja menjadi sehat selain pikiran positif juga akan menciptakan suasana yang tenang. Tetapi jika lingkungan itu kotor maka akan berpengaruh dengan lingkungan yang kumuh dan membuat jenuh bikin sumpek.

Dan ada yang disetujui dari hal ini sebab memang benar jika lingkungan yang bersih akan memberikan aura positif dan jika lingkungan kotor akan sebaliknya.

Lingkungan bersih membuat kita sehat, sedangkan lingkungan yang kotor akan membuat sakit, jika ada banyak baju kotor tentu akan mengundang banyak nyamuk, sehingga bisa mengakibatkan demam berdarah, sehingga wajib untuk menjaga kebersihan.

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG PENDIDIKAN


CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG PENDIDIKAN

image [humanrecourcesonline] 
Tesis:

Untuk beberapa tahun kemarin system pendidikan di Indonesia sudah sangat berubah secara segnifikan, perubahan ini terjadi karena kurikulum yang dipakai sebagai system dari pendidikan di indoneisa, kurikulum 2016 yang sudah digunakan kembali dirubah menjadi kurikulum 2013, walau masih banyak sekolah yang belum menggunakan kurikulum 2016 tersebut.

Argumentasi:

KEMENDIKBUD sudah memaparkan untuk kurikulum 2016 lebih di utamakan kepada sekolah yang mempunyai akreditas A atau sekolah yang berstandar internasional.

Terdapat syarat menggunakan kurikulum 2013 salah satunya adalah sekolah yang terjangkau dengan distribusi buku, kementrian pendidikan dan kebudayaan mengungkapkan untuk kurikulum 2013 akan lebih focus untuk pembangunan karakter, sikap, pengetahuan dan pembangunan ketrampilan dasar untuk pendekatan ilmiah.

Kurikulum 2013 berfokus untuk hubungan pembelajaran rasa syukur kehadapan Tuhan melalui pengamatan, percobaan, dan juga pecipataan sebuah karya. Tidak hanya itu, dari wakil kementrian pendidikan & budaya musliar kasim yang beranggapan untuk kurikulum 2013 tentunya lebih fokus praktik ketimbang hafalan, sebab selama ini untuk para siswa banya dibebani hafalan namun kenyaannya seperti kurang efektif meningkatkan suatu kreativitas.

Dari Anggota pertimbangan presiden, Meutia Hatta, menjelaskan kurikulum 2013 mempunyai tujuan membentuk bentuk karakter generasi berkualitas, cinta terhadap tanah air dan bangsa. Kurikulum 2013 juga mengarahkan siswa supaya aktif ketika proses pembelajaran, tentunya yang diharapkan bisa membentuk generali berkualitas. Dan banyak pihak masyarakat menolak diterapkan-nya kurikulum 2013. Masyarakat berpikir untuk perubahan kurikulum mendadak sangat memaksakan.

Ada juga anggapan untuk kurikulum 2013 kurang fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yang mempunyai substansi pokok berbeda.

Penegasan Ulang:

Meskipun membuat mata pelajaran yang akan diberikan menjadi sederhana, namun untuk tingkat pemahaman / pengetahuan dari siswa menjadi berkurang sebab materi disampaikan tidak lengkap, tetapi dipisah ini akan membuat para siswa menjadi bingung.

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG HUKUM


CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG HUKUM

Image [Nea] 
Tesis:

Wanita amat rentan menjadi sasaran kejahatan. untuk data yang sudah dirilis, Indonesia masuk menjadi negara paling tidak aman atas kaum wanita. Dan Rata-rata tiap hari bahkan sangat sering adanya lporan kejahatan bagi wanita di Indonesia. Dan ada beberapa kasus memang masuk kategori cukup langka, diantaranya pelakunya malah berasal dari keluarga korban itu sendiri. Kasus-kasus ini sangat mengundang masukan juga pendapat para pakar sosial tentang kesalahan struktur masyarakat di Indonesia.

Isi:

Meskipun Indonesi dengan tegas menerapkan UU yang bisa menjerat para pelaku tindakan criminal terhadap wanita, tetapi penerapan hukuman ini masih dinilai belum dapat membuat pelaku jera atau kapok. Dan untuk Beberapa pendapat pakar sosial yang telah memberikan kesimpulan adanya stereotype bergejolak di tengah masyarakat yang memicu meningkatnya tindakan kriminal kusunya pada wanita. Negara Indonesia, untuk konstruksi sosialnya adalah patriaki dimana untuk kedudukan lelaki memang dinilai lebih tinggi dibandingkan wanita.

Pemerintah sendiri sebenarnya telah menerapkan upaya juga pencegahan tindakan kriminal dengan cara sosialisasi pemberdayaan wanita, dan menyediakan gerbong kereta secara kusus untuk wanita, dengan mengutamakan kebutuhan wanita kusunya di tempat umum dan lainnya . kenyataannya masih saja beberapa oknum mencoba melanggar peraturan yang telah diterapkan.

Kesimpulan:

Dengan sistem sosial patriaki memang sudah menjadi tradisi turun temurun juga berlangsung sejak lama di Indonesia, mau tidak mau para wanita diharuskan mematuhi untuk seluruh aturan sosial lebih condong dengan terjadinya diskriminasi gender. Dan untuk sistem ini juga mengarahkan wanita agar selalu patuh & takut pada pria. Dengan begitu jika ada wanita melawan, memang tetap saja orang menganggap perlawanan ini tidak seharusnya dilakukan para wanita yang sudah dinilai mempunyai watak lemah lembut dan taat.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan


Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

image [turellgroup] 
Tesis:

Pemanasan Global adalah keadaan dimana suhu bumi yang meningkat semakin panas. Pemanasan global ini tentu membuat dampak yang negatif, salah satunya adalah menipisnya ozon sehingga cahaya ultraviolet bisa langsung masuk pada lapisan bumi, naiknya permukaan air laut yang disebabkan mencairnya es di kutub.

Pemanasan global bisa karena karena gas karbondioksida di atmosfer, sehingga ini bisa menyebabkan ozon menipis. kapasitas gas karbondioksida yang terdapat di bumi memang tidak seimbang akan jumlah pohon yang bisa menyerap karbondioksida. Bahkan tidak hanya sampai disitu, dampaknya juga dari hutan-hutan mulai di buka lahan pertanian, perkebunan, dan dialih fungsikan dari hutan lindung untuk menjadi hutan produksi.

Argumentasi:

Dalam Beberapa tahun ke belakang ini dunia tengah mengalami kenaikan suhu yang memang cukup parah.

Pemanasan global ini bisa terjadi disebabkan banyaknya gas karbondioksida pada atmosfer bumi. Gas pabrik , atau dari kendaraan bermotor adalah penyebab timbulnya gas karbondioksida. Jika sekilas melihat sekitar tentunya sangat banyak sekali pabrik-pabrik beroperasi yang menimbulkan gas karbondioksida.

Masih di Negara Indonesia , apa yang bisa kita lihat dari Negara industri? Negara industri tentunya mempunyai pabrik yang lebih banyak. Coba teman teman bayangkan, seberapa banyak kira-kira gas karbondioksida yang dihasilkan dari kegiatan tersebut. Negara-negara industri ini memang seharusnya bisa mengatasi karbondioksida yang dihasilkan akibat aktivitas pabrik-pabrik di indonesia.

Permasalah utama, hutan-hutan di dunia seharusnya bisa sedikit membantu meminimalisir gas karbondioksida yang berada di bumi tidak bisa ber peran dengan baik. Hal ini disebabkan banyak pohon di hutan ditebang. Selain dari penebangan pohon di hutan, memang beberapa kasus yang telah terjadi di Indonesia, salahsatunya pengalihan fungsi hutan, hutan yang biasanya berfungsi sebagai hutan lindung kini harus fungsikan menjadi hutan konservasi. Hal ini tentu saja bisa memperburuk keadaan bumi kita.

Penegasan ulang:

Pemanasan global yang tengah melanda bumi dalam kurun waktu tahun ke belakang ini yang semakin parah. Hal ini di karena banyaknya pabrik beroperasi sehingga bisa menimbulkan asap selain itu disebabkan juga dari asap kendaraan bermotor. Keadaan ini makin ditambah dengan keadaan hutan dimana seharusnya bisa berperan mengurangi gas yang malah banyak hutan kini ditebang. Selain aksi penebangan hutan, pengalihan fungsi hutan juga bisa menyebabkan hutan tidak bisa menjalankan fungsinya secara baik. Alih fungsi hutan lindung kini berubah menjadi hutan konservasi sudah mulai banyak terjadi contohnya adalah di negara Indonesia.

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG POLITIK


CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG POLITIK

Image [ellademay] 
Tesis:

Alam kini sudah sangat rusak, eksploitasi banyak dilakukan terhadap alam di Indonesia memang kini sudah mencapai taraf yang sangat sangat menghawatirkan. Tambang adalah factor penyebab yang paling besar menyebabkan kerusakan di alam. Pertambangan sangat berkaitan dengan perusahan tambang juga dari izin tambang yang telah dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Untuk hal ini pemerintah daerah harus menentukan boleh dan tidak suatu lokasi ditambang.

Argumentasi:

Alam adalah bagian yang tidak terpisahkan untuk kehidupan kita. minum, Makan, bernafas, dan yang juga menyangkut semua hidup berasal dari alam. tetapi, di Indonesia memang telah banyak terjadi kerusakan lingkungan. kegiatan pertambangan adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan kerusakan lingkungan.

kegiatan pertambangan bisa dilakukan perusahaan tambang berdasarkan izin dari pemerintah daerah. Kebanyakan untuk kasus izin pertambangan bisa dilakukan secara kongkalikong antara perusahaan tambang bersama kepala daerah. Kongkalikong biasanya dapat terjadi pada saat pencalonan kepala daerah. Ketika Pencalonan kepala daerah memang akan membutuhkan dana yang besar. tentunya perusahaan tambang mengiming imingi untuk menawarkan bantuan dana kampanye, tetapi dengan syarat jika kepala daerah ini jadi, perusahaan tersebut memang harus diizinkan melakukan kegiatan pertambangan di daerah yang sudah di inginkan sebelumnya. Hal tersebut tentu sudah bukan rahasia umum lagi.

Tentu lebih baik mempunyai kepala daerah yang ramah terhadap alam. Sebab selain karena alam kita bisa tetap lestari, untuk calon kepala daerah ini juga kira-kira memang tidak menerima suap dari perusahaan tambang tertentu.

Penegasan ulang:

Kepala daerah mempunyai kontrol kelestarian lingkungan. Karena dari izin eksploitasi alam, contohnya pertambangan juga dari kepala daerah. dan sebaiknya jangan mencoba memilih kepala daerah yang tahu menahu tentang alam dan hanya dapat memikirkan bagaimana cara mengeksploitasinya saja itu akan sangat merugikan.

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG EKONOMI


CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG EKONOMI

Image [outsourcing-pharma] 
Tesis :

Pendidikan merupakan bagian dari senjata yang ampuh agar bisa mengubah perekonomian dunia, sebab pendidikan menjadi sarana yang digunkan mempelajarai banyak hal yang sangat bermanfaat. Selain itu untuk meningkatkan tingkat pertumbuhan ekonomi, pendidikan juga bisa mengurangi kemiskinan disuatu negara.

Argumentasi :

Indonesia mempunyai tingkat pendidikan yang dapat dibilang lumayan baik. Pemerintah tengah mengeluarkan dana yang fantastic untuk membangun gedung sekolah juga memberi sekolah secara gratis.

Dan kini para siswa yang harus mempunyai keinginan belajar juga berprestasi. Tentunya semangat akan terbentuk dan memang harus memberi yang terbaik bagi negara sebab sektor pendidikan yang mudah diberikan pemerintah.

Penegasan Ulang :

Ketika fasilitas dan peran aktif siswa bergabung dan ikut andil pada sektor pendidikan juga ekonomi, tentunya kemungkinan besar derajat Indonesia yang lebih diakui di mata dunia. Dan tentu akan banyak investor asing yang berdatangaan yang bisa membantu meningkatkan perekonomian di dalam negerai. Guru yang mempunyai kualitas dan kompetensi juga bisa membantu meningkatkan tingkat pendidikan di indonesia.

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG KESEHATAN


CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG KESEHATAN

Image [foxsport] 
Tesis:

Secara Umum Olahraga mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Tubuh tentu akan dibuat segar dan bugar kembali jika seseorang rotin melakukan olahraga. Tetapi , memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seseorang jik berkeinginna melakukan olahraga, pertama jantungnya mampu untuk diajak berolahraga untuk waktu lama atau tidak. sebab, kondisi setiap orang itu sangat berbeda-beda ada jantungnya kurang kuat dan ada juga yang kuat dan ini karena sudah terlatih dalam hal berolahraga.

Argumentasi:

Olahraga adalah kegiatan sangat menyenangkan yang bisa dilakukan rutin oleh setiap orang. Macam-macam olahraga yang bisa dilakukan seperti, renang, lari, shit up, push up, dan tentunya masih banyak lagi. Selain olahraga sangat menyenangkan, olahraga adalah kegiatan yang mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Tubuh tampak sangat segar dan bugar kembali ketika sesudah melakukan olahraga. Olahraga bisa juga menyebabkan suasana hati kembali senang, hal ini karena olahraga bisa melepaskan penat beban pikiran yang dirasakan seseorang .

Olahraga bisa juga meningkatkan metabolisme tubuh, peningkatan metabolisme pada tubuh berguna ketika menjaga tubuh untuk selalu sehat dan terhindar dari penyakit kognitif, contohnya penurunan sistem kerja otak atau kepikunan. Olahraga bisa sangat disarankan bagi penderita tekanan darah tinggi, penyakit tekanan darah tinggi ini dapat mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah membuat aliran darah tidak lancar. Jika penderita tekanan darah tinggi melakukan aktifitas olahraga yang teratur, hal ini akan membantu memperlancar aliran darah pada tubuhnya.

Kesehatan jantung akan terjaga jika seseorang rutin melakukan olahraga, tetapi dilain sisi perhatikan terlebih dahulu apa jantung Kalian kuat diajak ber- olahraga atau tidak ini memang harus dipertimbangkan dengan matang, contohnya sjaa seseorang yang mempunyai penyakit jantung kemungkinan tidak bisa melaksanakan aktivitas lari, renang dan aktivitas olahraga lainnya tentunya mereka bisa merasa sesak.

Bahkan untuk kasus seperti ini memang banyak terjadi, untuk yang seseorang melakukan aktivitas olahraga tanpa mempertimbangkan terlebih dahulu kekuatan jantungnya. bukannya malah mendapatkan tubuh sehat, dan justru bisa menambah buruk keadaan jantungnya.

Sering juga kita jumpai disekitar, orang yang tengah berolah raga tiba-tiba spontan pingsan, dan memang harus cepat ditangani dan dilarikan ke rumah sakit. Hal ini disebabkan sebelumnya pasti ia mempunyai riwayat penyakit jantung. Ia terserang serangan jantung mendadak jika tubuhnya tidak kuat ketika melakukan aktivitas yang menguras tenaga. Sehingga mereka bisa jatuh pingsan.

Jika tubuh normal, berolahraga memnag memiliki banyak sekali manfaat. olahraga tentunya harus dilakukan setiap orang minimal satu kali seminggu. Hal ini bisa membuat tubuh kita selalu sehat dan menghindarkan kita atas berbagai macam penyakit. Sebab dengan olahraga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, Sebab orang sering olahraga tubuhnya fit tetap terjaga juga terhindar dari berbagai jenis penyakit. Tetapi , pastikan terlebih dahulu kondisi tubuh sebelum melaksanakan aktivitas menyehatkan ini.

Jika kondisi tubuh tidak dalam keadaan kuat untuk melakukan aktifitas olahraga, tidaklah mendapatkan kesehatan, namun hanya menambahkan penyakit pada tubuh.

Penegasan ulang:

Olahraga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh seseorang. Bisa membantu pembentukan mood seseorang menjadi lebih baik, bisa menghindarkan berbagai penyakit, mampuu meningkatkan metabolisme, mampu melancarkan peredaran darah, dan tentunya masih banyak lagi. Walaupun mempunyai banyak manfaat tidak jarang kita lihat orang yang berolahraga yang berakhir di r rumah sakit. Hal ini disebabkan mereka tidak memahami kondisi tubuhnya sendiri ketika melakukan olahraga.

Orang yang mempunyai penyakit jantung adalah salah satunya, ia tidak kuat melakukan hal-hal tersebut yang memacu kerja dari jantungnya memompa lebih cepat. Maka dari itu, sebelum olahraga preksa dan pastikan kondisi dalam keadaan normal dan mampu berolahraga yang menguras tenaga.

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG LINGKUNGAN SEKOLAH


CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG LINGKUNGAN SEKOLAH

image [testcom] 
Tesis:

Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang mengepentingkan kemampuan siswa dengan personal dan pendidika yang terus mencoba untuk menggali potensi diri dair individu. Pendidikan karekter sangat penting bisa membangkitkan bakat tersembunyi yang ada diri siswa. Semua siswa mempunyai bakat di bidang yang tentunya tidak sama satu dengan lainnya.

Argumentasi:

Siswa yang kurang pandai di bidang akademik tentunya tidak pasti bodoh,namun dia mempunyai kemampuan pada bidang lain. Melalui pendidikan karakter siswa tidak dilihat tingkat pintar dalam akademik. Guru memang tidak boleh melakukan cekcklisr siswa bodah jika tidak pintar dalam urusan akademik.

Pemerintah sudah berupaya mewujudkan pendidikan karakter melalui kurikulum 2013. Lewat kurikulum ini pemerintah berupaya memperdalam keampuan dari karakter siswa. sikap toleransi kepada suku, agama, kebudayaan dan sebagainya. Indonesia merupakan negara yang mempunyai keberagaman budaya, kepercayaan, bahasa, jadi sikap toleransi memang sangat perlu diperkenalkan dari dini.

Penegasan Ulang:

Pendidikan karakter sangat diharapkan dapat membekali siswa bagi masa depannya. Siswa memang harus memiliki rasa toleransi ke sesame, dan mempunyai potentis yang dapat dibanggakan agar menjadi penerus bangsa berjuang menghadapi kemajuan jaman.

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG BERITA


CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG BERITA

image [newsmediacanada]
Tanaman obat sambiloto memang sangat terkenal sejak jaman dahulu. Tanaman ini mempunyai sejuta manfaat untuk menobati luka dan sangat berguna untuk kesahatan badan. jangan lewatkan [ Contoh CV ]

Karena banyak manfaat yang terdapat di tanaman ini memang ada banyak produk yang dibuat. Namun tidak banyak orang yang tahu. Untuk beberapa riset banyak manfaat yang terdapat di tanaman ini salah saunya untuk obat luka bakar juga cedera, panas, darah tinggi, kanker dan juga tumor paru.

karena dasar riset disimpulkan tanaman ini tidak hanya soal mengobati luka namun juga berguna bagi kesehatan manusia. Tidak mempunyai resiko yang diberikan sebab tanaman ini bersalal dari baha alami.

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG NARKOBA


CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG NARKOBA
 image [facebook]
Jaman sudah sangat maju, apa yang kita diinginkan tentu bisa didapat secara lebih gampang, hanya menggunakan alat elektronik yang terhubung internet. Sama dengan narkoba yang gampang didapatkan untuk beragam merk dan juga bisa di akses secara cepat.

informasi yang beredar banyak anak sekolah dasar yang sudah mengonsumsi narkoba. Sedih melihat generasi muda yang memang seharusnya tidak bisa mem fasilitiasi, yang dapat memudahkan mereka untuk mengakses hal seperiti narkoba, sebab pengawasan tidak selalu dapat terjaga setidaknya jika masih dibawah umur jangan pernah diberi fasilitas contohnya HP, gadget, juga laptop. Hal ini tentunya membuat anak malas beraktivitas.

Narkoba memang tidak asing lagi bahkan yang dipenjara banyak sekali kasus narkoba dari muda hingga yang tua. Hal tersebut memang perlu di sosialisasi untuk bahaya narkoba, hal tersebut bisa berbahaya jika mulai tersebar di usia muda yang memiliki rasa ingin coba coba dan juga butuh tindak lanjut hukum yang tegas agar masyarakat menyesal.

Demikianlah uraian tentang pengertian, jenis, kaidah, struktur, dan contoh teks eksposisi yang bisa langsung Anda praktekkan untuk membuat paragraf dan karangan eksposisi sendiri. Gunakan teks eksposisi baik dan benar serta sesuai dengankaidah sehingga maksud dan tujuan yang ingin Anda sampaikan bisa tersampaikan dengan efektif. 

editor : kadek agus ariawan S.Kom.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar