--> Skip to main content

Cara Ternak Babi Yang Baik Dan Benar

Cara ternak babi yang baik pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang tips ternak babi yang baik dan benar memang ini industri peternakan di Indonesia kususnya di Bali sudah semakin besar, perkembangan peternakan seolah menjadi bisnis rumahan yang sudah menjamur di pedesaan, ada yang memulai perusahan kecil hingga besar. Peternakan memang sangat diminati masyarakat dengan penghasilan menengah kebawah hingga tidak bisa dipungkiri banyak perusahaan besar bergerak dibidang ini.
Cara Ternak Babi Yang baik, Penggemukan Babi,cara budidaya ternak babi

Untuk masyarakat Non Muslim, ternak babi memang sudah sangat dikenal di Indonesia, dari hasil produksi peternakan babi ini dapat memberikan keuntungan yang optimal untuk pemiliknya, memang dibutuhkan manajemen yang benar benar dalam pemeliharaan dan budidaya babi agar hasilnya nanti sesuai dengan harapan.

Memang ternak babi itu mudah mudah sulit, terkadang dari peternakan ini mampu menghasilkan yang memuaskan dan juga harus dihadapkan pada penyakit, dan dari itu memang harus benar benar diperhatikan langkah langkah dalam budidaya ternak babi ini,

Tips Ternak Babi Sukses
ternak Babi sukses,ilmu ternak babi, cara penggemukan babi

1. Bibit
Cara berternak babi lewat menyeleksi bibit. ciri-ciri babi yang bagus adalah : letak puting simetris. ambing besar akan saluran darah tampak jelas, tubuh padat, kaki kotor dan tegap.

2. Pakan
Pemberian pakan ternak babi yang mencukupi. Untutk Pemberian pakan ternak babi yang baik dan benar dapat dikombinasikan sebagai berikut jagung, shorgum, kacang kedelai, gandum, kacang hijau, umbi-umbian, tepung ikan dan sebagainya.

Agar mampu mendukung keberhasilan peternakan babi, memang sangat dibutuhkan prebiotik yang nantinya berperan penting dalam pertumbuhan babi tersebut adalah PT Natural Nusantara yang sudah menghadirkan formula nutrisi siap pakai yang berguna dan bermanfaat dalam hal meningkatkan produktivitas peternakan babi, tepatnya dari sisi kualitas, kuantitas dan efisiensi budidaya. Produk formula ini adalah Viterna, POC Nasa dan Hormonik.

Mineral-mineral penting dalam pertumbuhan tulang, organ luar dan juga dalam, pembentukan darah dan lain-lain.

Asam-asam amino yang utama ( Arginin, Histidin, Lycine, Isoleucine, Methionine , Phenylalanine, Thryptophan, Threonine, dan Valine ) adalah zat penyusun protein pembentukan sel, jaringan, dan organ tubuh.

Vitamin-vitamin yang lengkap, adalah vitamin A, D, E, K, C dan B Komplek bagi kesehatan dan juga perahanan ketahanan tubuh.Pemberian POC NASA mengandung mineral penting bagi pertumbuhan ternak, adalah N, Ca, Mg, P, K, Fe dan sebagainya serta dilengkapi dengan protein dan lemak nabati, mampu untuk meningkatkan pertumbuhan ternak babi, kekebalan tubuh tubuh babi, mengurangi kadar kolesterol daging juga dapat mengurangi bau kotoran. Untuk mendapatkan hasil lebih optimal, pemberian POC NASA memang sangat disaranankan ditambahkan dengan Hormonik.

Hormonik begitu berperan sebagai zat pengatur tumbuh, Hormonik keberadaannya sangat penting untuk membantu meningkatkan sisi pertumbuhan ternak babi. Sehingga untuk budidaya ternak babi dapat dilakukan pada waktu lebih singkat namun tetap mendapatkan hasil yang optimal.
  biaya ternak babi, cara beternak babi pakan kering,rahasia memelihara babi agar pertumbuhannya cepat besar,peternakan babi terbesar di indonesia,pakan ternak babi,Page navigation

3. Manajemen Perkandangan


  1. · Cukup dengan memperoleh cahaya matahari, bersih juga kering.
  2. · Ventilasi baik.
  3. · Drainase didalam / di luar kandang kudu baik.


Pada satu kandang, babi harus sejenis dan seumurUkuran kandang yang sesuai

Kandang Babi


  1. Anak babi (2, 5 x 1, 5 m/ekor)
  2. Babi pejantan (3 x 2 m/ekor)
  3. Kandang penggemukan : 40 kg = 0, 36 m/ekor, untuk berat 40 - 9 kg = 0, 50 m/ekor, dan
  4. berat lebih 90 kg = 0, 75m/ekor4. pemeliharaan berternak babi yang butuh pada siklus pemeliharaan teknis

Umur Kawin / Kehamilan/ Birahi Babi


  1. Umur kawin pertama betina 9 – 12 bln dan jantan 8 bln..
  2. Umur melahirkan pertama + 14 bln..
  3. berat lahir 1 – 1, 5 kg
  4. Jumlah anak dilahirkan 7 – 14 ekor /induk
  5. Pertambahan berat badan / hari 450 – 500 gram
  6. Siklus birahi + 21 hari
  7. kebuntingan kurang lebih 114 hari ( 3 bln-3 minggu- 3 hari )
  8. akan Kembali dikawinkan ketika sudah melahirka 5 – 7 hari setalah penyapihan
  9. Frekuensi melahirkan cukup 2 x didalam 1 tahun
  10. Umur berat jual 8 – 9 bln., lebih kurang dari 80 – 100 kg
  11. Kekuatan jantan mengawini betina 2 – 3 ekor betina / hari dan juga 3x didalam 1 minggu

Susunan ransum babi


  1. Perode stater - (0 – 11 minggu) Cara berternak babi, protein 20 – 22 persen dan diberi skin milk dan jagung giling menggunakan campuran Viterna, POC Nasa dan Hormonik.
  2. Periode grower - (10 – 24 minggu) Cara berternak babi, protein17 persen yang ditambah hijauan segar, mineral disertai vitamin serta ditrambahkan Viterna, POC Nasa & Hormonik.
  3. Penggemukan (sampai 10 bln) - Cara berternak babi diberikan pakan berkualitas untuk bisa diperoleh berat badan hingga lebih dari 100 kg bibit dengan kandungan protein 14%. Pakan berkadar serat tingi juga hijauan segar. Untuk Pemberian Viterna, POC Nasa dan juga Hormonik memang berperan untuk peningkatan berat badan ternak babi.

Hubungi

Agen Nasa Buleleng

Nah demikianlah sedikit informasi Cara Ternak Babi Yang Baik, semoga dapat membantu
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar